Selasa, 31 Juli 2012

SELINTAS TTG : SURAMADU APPROACH BRIDGE PROJECT, EAST JAVA

Hamdi M*) 




A.    Bored Pilling Works
  • Diameter : 1,800 mm
  • Depth : 80 – 90 m
  • Total Quantity : 10,000 m
Jembatan Suramadu menghubungkan antara kota Surabaya di Pulau Jawa dan kota Bangkalan di Pulau Madura. Keberadaan jembatan ini akan memperlancar lalu lintas barang dan jasa. Jembatan sepanjang 5,4 kilometer itu menjadi ikon perubahan bagi Madura. Proyek ini kelak diharapkan dapat mengukir sejarah baru dalam perkembangan transportasi di Indonesia karena untuk pertama kalinya dibangun jembatan yang menghubungkan antar dua pulau, sekaligus menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Pembangunan Jembatan Suramadu tidak hanya sekedar membangun jembatannya saja tetapi yang lebih penting adalah meningkatkan perekonomian Madura yang tertinggal dibandingkan dengan
daerah lain di Jawa Timur.

Proyek Pembangunan Jembatan Suramadu dilaksanakan melalui Paket Proyek Pembangunan Causeway dan Jalan Pendekat masing-masing pada Sisi Surabaya dan Sisi Madura, dengan nilai kontrak keseluruhan sekitar Rp. 296 Milyar yang dilaksanakan secara multi years pada Tahun Anggaran 2003/2004.

Sampai dengan pelaksanaan Mei 2004 prestasi kemajuan fisik pekerjaan dalam lingkup kontrak multi years 2003?2004 telah mencapai 74,85 % untuk Sisi Surabaya dan 85.95 % untuk sisi Madura terhadap nilai kontrak Tahun Anggaran 2003?2004.

Pada minggu keempat bulan Mei 2004, pekerjaan pemancangan pada sisi Surabaya telah mencapai Pier ke 13, Sementara pekerjaan beton telah dilaksanakan pada satu abutment dan 6 pile cap. Sedang untuk sisi Madura pemancangan telah menyelesaikan 12 pier, dan pekerjaan beton dilaksanakan pada 1 abutment dan 7 pier.

Pekerjaan pemasangan 16 buah Girder (Post-Tension) pada setiap bentang telah diselesaikan 4 bentang pada sisi Surabaya dan 6 bentang pada sisi Madura. Pekerjaan bangunan atas selanjutnya berupa pema-sangan diafragma, dek slab telah dilaksanakan. Sedangkan untuk pengecoran plat lantai saat ini untuk sisi Surabaya juga telah dilaksanakan dan sudah mencapai bentang 4, dan untuk sisi Madura mencapai bentang 3.
Pekerjaan bentang tengah juga akan segera dilaksanakan. Dimana saat ini sedang dalam proses pra-kontrak yang meliputi Approach Bridge dan Main Spain Bridge.


B.     URAIAN PEKERJAAN / SCOPE OF WORKS
  • Drainage
  • Asphalt Pavement
  • Bore Pile
  • Pile Cap
  • Pier Shaft Work
  • Pier V Works
  • Box Girder

Konstruksinya terdiri dari 3 bagian yaitu causeway, approach bridge dan main bridge. Dari total panjang jembatan sejauh 5.438 m terdiri dari causeway sisi Surabaya 1.458 m, causeway sisi Madura 1.818 m. Bentang tengah panjang keseluruhan mencapai 2.162 m terdiri dari dua approach bridge masing-masing 672 m dan main bridge sepanjang 818 m. Panjang jalan pendekat di sisi Surabaya mencapai 4,35 km dan di sisi Madura 11,50 km. = 14,85 Km.
Penghubung pulau yang memakan biaya hingga Rp4,5 triliun ini menyediakan akses khusus sepeda motor. Letaknya di sisi kanan dan kiri jembatan dengan lebar masing-masing 3,05 meter. Total lebar jembatan mencapai 30 meter (2 x 15 meter). Di tiap jalur (arah Surabaya maupun arah Madura) akan ada jalur lambat masing-masing berukuran 2,2 meter. Kemudian, di tiap jalur akan ada dua jalur cepat yang masing-masing selebar 3,5 meter.


*) Mahasiswa Program Masgister Teknik Sipil Minat Manajemen Konstruksi Fakultas Teknik 
    Universitas Brawijaya angk. 2012
**) Sumber : Dari Berbagai Sumber Di Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar